Wikipedia

Hasil penelusuran

Translate

Sabtu, 23 Februari 2013

TONGKONAN mengapa penting bagi masyarakat suku Toraja

Mengapa Tongkonan menjadi sangat penting bagi masyarakat Toraja....?
Hmm... Apa teman-teman tahu apa itu Tongkonan...?.Tongkonan adalah rumah tradisional bagi masyarakat Toraja yang memiliki ciri khas yang unik yaitu bentuk atapnya yang mirip dengan perahu yang terbalik dan proses pembuatan bangunan ini juga tidak menggunakan paku dari logam dan untuk menghubungkan bangunan ini satu sama lain hanya digunakan kayu panjang yang ukurannya hampir mirip dengan paku besar.
Masyarakat Tana Toraja percaya bahwa Tongkonan dulu adalah bangunan yang ada di surga bagi para dewa ( puang matua ) sehingga Tongkonan tidak dapat dibuat sembarangan.
Fungsi Tongkonan antara lain yaitu menunjukkan status sosial masyarakat di tana toraja,tempat mengadakan upacara adat,sebagai tempat tinggal,tempat berkumpul dan tempat mendiskusikan masalah adat,menunjukkan garis keturunan dan juga untuk menyimpan mayat dari masyarakat suku toraja karena pada tradisi masyarakat toraja orang yang telah meninggal tidak dapat langsung dikuburkan sebelum di pestakan dan sebelum itu mayat orang yang meninggal masih dianggap sebagai orang sakit.
Rumah adat ini juga tidak boleh dibangun sembarangan dan membutuhkan tangan-tangan ahli dalam membuat rumah ini.
Ornamen-ornamen yang ada di setiap sudut tongkonan melambangkan tradisi dan sosial budaya masyarakat setempat. Seperti ukiran-ukiran matahari,kerbau,babi,sawah dan warna dasar dari tongkonan ini yaitu merah,putih,hitam,dan kuning.Semuanya itu memiliki arti.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa mengapa tongkonan sangat penting bagi masyarakat toraja karena tongkonan menjadi pusat kegiatan sosial dan kebudayaan bagi masyarakat toraja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar

Nama

Email *

Pesan *