Wikipedia

Hasil penelusuran

Translate

Kamis, 26 Juni 2014

Kehidupan Dasar Komunitas Tritunggal Mahakudus

BAGIAN IV

Shalom :) pada postingan kedua saya berjanji akan membahas yang namanya DOA SEL jadi postingan kali ini membahas tentang apa itu doa sel. Nah KTM memiliki 8 komitmen yang harus dijalani sebagai anggota yang sudah masuk dalam kategori komitmen penuh yaitu:
1. Menghadiri pertemuan sel dan pengajaran
2. Hadir dalam pertemuan bersama yang ditentukan : wilayah, distrik, nasional.
3. Ikut melayani bersama komunitas
4. Meluangkan waktu untuk doa pribadi dan bacaan Kitab Suci setiap hari minimal 1 jam per hari
5. Menghadiri Perayaan Ekaristi harian minimal satu kali dalam satu minggu, diluar pera-yaan Ekaristi hari Minggu.
6. Menerima Sakramen Tobat secara teratur
7. Mendoakan doa penyerahan setiap hari
8. Memberikan persembahan kasih.

Pada komitmen pertama yaitu menghadiri pertemuan sel, pertemuan sel merupakan tempat dimana anggota-anggota saling menguatkan melalui puji-pujian, doa, sharing dan pengajaran. Kebanyakan pelayanan dilakukan di luar pertemuan sel. Seperti yang dibahas sebelumnya dalam doa sel menggunakan Gitar, Piano/Organ. Membentuk lingkaran/sel dan berdoa diselingi lagu sesuai tema sesi. Dilakukan di gereja, rumah anggota(cell inside), atau tempat-tempat hening dan tenang (cell outside) yang dapat mendukung kondisi untuk berdoa. Setiap sel biasanya menggunakan nama orang kudus. Contohnya: Sel St.Yohanes Salib, sel Theresia Lisieux, sel Teresia Avila, dll.
Di lain Tempat, perkumpulan doa sel dibagi 4 kelompok yaitu KTM terbagi dalam KTM Dewasa (marriage-lansia), KTM Dewasa-Muda (Marriage), KTM Muda-mudi (SMP-SMA-KULIAH-Before marriage), KTM Kids (SD-SMP).

5. Kehidupan dasar KTM ialah hidup dalam sel
Kehidupan dasar KTM pada dasarnya sama dengan kehidupan sistem sel paroki, yaitu bertumpu pada kehidupan dalam sel dengan unsur-unsur pokok seperti yang dijumpai dalam sistem sel paroki, yaitu pengalaman Roh Kudus, keterbukaan terhadap karya Roh Kudus secara utuh, terhadap karunia-karunianya, semangat evangelisasi. Dasar kehidupan KTM ialah kehidupan dalam sel. Pertemuan sel diadakan minimal sebulan sekali. Sebuah sel terdiri dari 7-15 orang anggota, maksimum 15 orang. Karena semangat evangelisasinya, setiap sel diharapkan setelah beberapa waktu berkembang dan membelah diri menjadi dua sel baru. Satu sel dapat berkembang dan membelah diri setelah satu tahun atau lebih, yang satu lebih lambat, yang lain lebih cepat.
Sebuah sel dipimpin oleh seorang pelayan sel dan dibantu oleh seorang wakil. Kami memakai istilah pelayan untuk memberikan penekanan, bahwa kepemimpinan pada hakekatnya adalah pelayanan. Bila sel berkembang dan kemudian membelah diri, wakil pelayan menjadi pelayan sel yang satu dan pelayan yang lama tetap memimpin sel yang satunya lagi.
Bila sel-sel terus berkembang, beberapa sel (lima sampai 6 sel) membentuk satu wilayah; beberapa wilayah membentuk sebuah distrik dan beberapa distrik membentuk suatu regio. Regio-regio itu ada dibawah kepemimpinan Pelayan Umum beserta dewannya, yang bertanggung jawab kepada Gembala Umum yang mendampingi mereka.
Sekarang ini KTM memiliki sekitar 270 buah sel yang tersebar di pelbagai tempat, baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri. Namun hingga hari ini di mancanegara keanggotaannya pada umumnya masih meliputi orang-orang Indonesia yang berada di sana.
UNTUK LEBIH DETAILNYA SILAKAN KLIK LINK DIBAWAH :)
Pertemuan Sel
http://www.slideshare.net/wilaxmalaikat/pel-4-pertemuan-sel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar

Nama

Email *

Pesan *